Posisi : Home | Arsip Berita

Gubernur Kukuhkan Satgas Saber Pungli Kaltim

10 November 2016

SAMARINDA – Sebagai bentuk tindaklanjut instruksi Presiden Joko Widodo, maka Gubernur Kaltim mengukuhkan Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Satgas Saber Pungli).

Satgas Saber Pungli dipimpin Irwasda Polda Kaltim dengan anggota sebanyak 45 orang dan bertindak selaku penanggungjawab Gubernur Kaltim dan Pembina terdiri Kapolda Kaltim, Pangdam VI Mulawarman serta Kepala Kejasaaan Tinggi Kaltim.

Dalam kesempatan itu, Gubernur Awang Faroek Ishak sangat tidak setuju jika pungli dinilai sudah mendarahdaging di masyarakat dan menjadi budaya bangsa.

Hal tersebut ditegaskan Gubernur Kaltim usai mengukuhkan Satgas Saber Pungli Kaltim di Ruang Serbaguna Ruhui Rahayu Kantor Gubernur Kaltim, Rabu (9/11).

Menurut dia, ada anggapan dari pengamat bahwa pungli sudah menjadi budaya di negeri ini padahal ini bukan budaya bangsa Indonesia.

“Sementara pengamat mengatakan budaya, saya tidak sependapat dan menolak itu. Pendidikan sejak usia dini tidak diajarkan pungli termasuk orangtua kita. Tapi terjadi setelah usia dewasa,”  jelasnya.

Karenanya lanjut Awang, perbuatan pungli harus diberantas sehingga sudah menjadi kewajiban semua pihak untuk mendukung program Saber Pungli.

Masyarakat termasuk insan pers apabila menemukan indikasi tindak pungli agar segera melaporkan dan satgas akan melakukan investigasi.

Jika benar laporan tersebut maka satgas akan melakukan tindakan dan pelakunya akan dikenakan sanksi sesuai tata aturan.

“Pemberantasan tindak pungli ini harus didukung seluruh pihak tidak terkecuali masyarakat dan insan pers. Bagi pelapor harus jelas identitas namun tetap akan dirahasiakan identitasnya,” ujar Awang.

Gubernur mengungkapkan pengukuhan ini guna menindaklanjuti instruksi Presiden agar segera membentuk Satgas Saber Pungli di daerah khususnya tingkat provinsi.

“Pengukuhan ini bagian tindaklanjut instruksi Presiden dan selanjutnya satgas sudah dapat melaksanakan program Saber Pungli di daerah,” ungkapnya.

Hadir dalam pengukuhan Satgas Saber Pungli Kaltim, Kapolda Kaltim  Irjen Polisi Syafaruddin dan Kasdam VI Mulawarman Brigjen TNI Santos Gunawan Matondang serta Kepala Kejaksaan Tinggi Kaltim Abdoel Kadiroen.

Tampak pula pimpinan SKPD lingkup Pemprov Kaltim serta asisten dan staf ahli Gubernur Kaltim serta pimpinan instansi vertikal di Kaltim.

Sumber : Humas Prov. Kaltim

..

Statistik Pengunjung

Pengunjung hari ini : 105
Total pengunjung : 63935
Hits hari ini : 38
Total Hits : 232792
Pengunjung Online : 1

Agenda Kegiatan

Pengukuhan AAIPI Wilayah Kalimantan Timur

'Penandatanganan MoU antara Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur dengan BPKP Pengukuhan AAIPI Wilayah Kalimantan Timur Tahun 2015-2018 Sosialisasi Permendagri Nomor 113 Tahun 2014 tentang Pengelolaan Keuangan.....'

Sosialisasi LHKASN

'Sosialisasi Kebijakan Reformasi Birokrasi dan Pengawasan serta Laporan Harta Kekayaan Aparatur Sipil Negara.....'

Rapat Koordinasi Pengawasan Daerah Tahun 2014

'Rapat Koordinasi Pengawasan Daerah (RAKORWASDA) Tahun.....'

Situs Terkait